Home » » Pembinaan Kader Masjid Se-Kecamatan Kalibawang

Pembinaan Kader Masjid Se-Kecamatan Kalibawang

Kalibawang, 15/04/13. Bertempat di aula Kantor Camat Kalibawang dilaksanakan kegiatan Pembinaan Kader Masjid bagi takmir masjid se-Kecamatan Kalibawang. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara KUA Kecamatan Kalibawang dengan P2A, DMI dan Bazcam Kalibawang. Disampaikan oleh ketua panitia kegiatan Qomaruzzaman, S.Ag. bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membina kader-kader masjid agar kelak dalam regenerasi kepengurusan dapat berjalan lancar, sehingga yang muda bisa mengambil bagian dalam memakmurkan masjid.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh sekitar 150 orang ini mengadirkan narasumber Ketua Umum DMI Daerah Istimewa Yogyakarta, Prof. Dr. Muhammad, M.Ag. dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Kasi Bimas Islam, Drs. H. Abd. Madjid. Pada kesempatan ini Prof. Muhammad menyampaikan bahwa masjid yang didukung dengan kepengurusan aktif akan berdampak positif pada masjid. Penataan organisasi takmir merupakan langkah strategis, karena Takmir merupakan perencana kegiatan, pengatur dan penggerak kegiatan masjid, oleh karena itu takmir masjid hendaknya seorang tokoh muslim yang dekat dengan masyarakat , taat beribadah dan mencintai masjid, mempunyai kemampuan manajerial, visioner.

Optimalisasi pelibatan potensi masyarakat sekitar masjid hendaknya lebih diutamakan, demikian diungkapkan Drs. Abd. Madjid selaku pemateri kedua pada acara pembinaan tersebut. Lebih lanjut disampaikan bahwa Potensi lain seperti ekonomi, intelektual, pekerjaan, dan semangat mesti dipetakkan, sehingga takmir masjid dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk dipergunakan bagi perencanaan kegiatan masjid. Pada akhirnya nanti akan dapat diketahui anggota jama’ah yang menjadi penyantun atau donasi dan mana yang harus mendapat santunan daripada dhu’afa atau mu’allaf.




Written by : Admin - Melayani sepenuh Hati

Terimakasih atas kunjungan anda, sangat berarti bagi kami jika berkenan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di Web ini dan atau bergabung dengan kami melalui jearing sosial dibawah ini

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

3 komentar:

  1. Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan di tempat lain, agar kader masjid dapat lebih maju, lebih bergairah dan menjadi generasi Islam yang "militan". Bravo KUA Kalibawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan lebih baik "action" yang di dahulukan daripada hanya sekedar menggelar acara seremonial

      Hapus
  2. Terima kasih semua tanggapan atas kegiatan yang dilakukan oleh KUA Kalibawang. Semua masukan, saran akan kami terima untuk kemajuan korps kami.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Comment