Home » » Gerhana Bulan 26 April 2013

Gerhana Bulan 26 April 2013

Jakarta, bimasislam--"Malam Jum’at Kliwon 26 April 2013 bertepatan 15 Jumadil Akhir 1434 H mulai pukul 01.03 dinihari WIB Bulan di Indonesia akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS)" seperti yang disampaikan oleh Kasubdit Hisab Rukyat dan Pembinaan Syariah, Dr. H. Ahmad Izzuddin. . Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBS ini. Hanya kawasan timur Indonesia saja yang akan sedikit kesulitan untuk mengamatinya karena Bulan sudah rendah di langit sebelah barat (hampir terbenam).

Pada Gerhana Bulan Sebagian awal kontak penumbra pukul 01.03 wib, lalu fase umbra akan dimulai pada pukul 02.54 – 03.21 WIB (hanya selama 27 menit ). Dan akhirnya seluruh proses GBS pun akan selesai pada pukul 05.11 WIB. Selain hanya sebentar magnitud gerhana umbra pada GBS nanti juga kecil, hanya 0,0148. Berbeda dengan Gerhana Bulan Total yang nilai magnitudnya bisa lebih besar dari 1. Magnitud gerhana itu sendiri dihitung dari perbandingan antara diameter sudut Bulan dengan diameter sudut bayangan umbra Bumi.

Walaupun hanya sebagai Gerhana Bulan Sebagian, bagian Bulan yang terkena umbra Bumi saat GBS nanti sangatlah sedikit. Akibatnya kita di Indonesia tidak akan melihat Bulan berubah menjadi merah sebagaimana yang terjadi pada saat Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 yang lalu. Namun kita masih dapat melihat Bulan yang lebih gelap dari Bulan purnama biasanya, mirip dengan yang kita lihat pada saat Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 yang lalu. Semoga cuaca langit cerah dan pengamatan kita lancar. (Izdn)

Written by : Admin - Melayani sepenuh Hati

Terimakasih atas kunjungan anda, sangat berarti bagi kami jika berkenan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di Web ini dan atau bergabung dengan kami melalui jearing sosial dibawah ini

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Comment