Home » » Apakah “HALAL” itu.?

Apakah “HALAL” itu.?

Kata “halal” berasal dari bahasa arab yang berarti “boleh” atau “tidak dilarang”. Hidup seorang muslim tidak lepas dari konsep halal. Seorang muslim harus mencari rejeki yang halal, bertransaksi secara halal dan hanya mengkonsumsi produk halal.

Dalam hubungannya dengan makanan, halal adalah standar diet sesuai anjuran Al Qur’an. Secara umum semua makanan adalah halal kecuali yang secara jelas dinyatakan haram oleh Al Qur’an, hadist dan fatwa.

Berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang pangan, kosmetika dan obat menyebabkan penentuan halal menjadi tidak sederhana. Penggunaan bahan-bahan alternatif non-halal digunakan secara meluas untuk menghasilkan berbagai macam produk konsumsi. Penggunaan enzim dari lambung babi untuk produksi keju, pemanfaatan plasenta bayi manusia sebagai bahan dasar kosmetika, dan penggunaan gelatin babi sebagai cangkang kapsul merupakan contoh pemanfaatan bahan non-halal dalam produk yang biasa kita konsumsi. Oleh karena itu diperlukan kewaspadaan dan ketelitian konsumen dalam memilih dan mengkonsumsi produk agar tubuh kita tidak terkotori barang yang haram.

“setiap daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram, api neraka lebih berhak kepadanya”. (HR. Tirmidzi)

Written by : Admin - Melayani sepenuh Hati

Terimakasih atas kunjungan anda, sangat berarti bagi kami jika berkenan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di Web ini dan atau bergabung dengan kami melalui jearing sosial dibawah ini

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Comment